Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, March 19, 2013

5 Cerita Malaysia Hormati Presiden Soeharto


1. Ada Kampung Soeharto di Malaysia
Rupanya, di Selangor, Malaysia, terdapat sebuah kampung yang bernama Felda Soeharto atau kampung Soeharto. Luas kampung tersebut sekitar 2.909,35 hektar. Selain itu, disana juga ada sebuah klinik kesehatan bernama Soeharto.
Kampung ini diberi nama Soeharto untuk menghormati Presiden kedua Republik Indonesia tersebut. Pada tahun 1977, Soeharto dan Ibu Tien mengunjungi Felda Sungai Dusun. Sebagai penghormatan, nama kampung ini pun diubah menjadi Felda Soeharto.
2. Seorang yang Benar-benar, Sungguh-sungguh
Pada pertemuan yang berlangsung tahun 1970, Tunku Abdul Rahman selaku Perdana Menteri Malaysia sempat berdialog dengan Presiden Soeharto mengenai Selat Malaka. Namun, secara tiba-tiba, Tunku Abdul Rahman melontarkan sebuah pernyataan berupa pujian yang ditujukan untuk Soeharto. ” Seorang yang benar-benar, sungguh-sungguh. ” puji Tunku Abdul Rahman
Kala itu, Tunku Abdul Rahman memuji Soeharto karena komitmennya mewujudkan perdamaian antara Indonesia dan Malaysia. Menurutnya, Soeharto berperan besar untuk mengembangkan hubungan baik antara Indonesia dengan Malaysia.
3. Menghormati Pak Harto Sebagai Pemimpin ASEAN
Sama halnya seperti Tunku Abdul Rahman, mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohamad juga ikut memuji sosok Soeharto. Menurut Mahatir, Soeharto sangat disegani para pemimpin di kawasan ASEAN. Itulah sebabnya, Indonesia menjadi pemegang peranan penting di Asia Tenggara.
” Di ASEAN, Pak Harto memainkan peranan yang sangat penting. Para pemimpin negara ASEAN mendudukkan Pak Harto sebagai orang tua. Kejatuhan Pak Harto merupakan kerugian yang besar di Asia Tenggara karena beliau sangat dihormati oleh para pemimpin Asean lainnya. ” kenang Mahatir dalam buku Pak Harto The Untold Stories terbitan Gramedia Pustaka Utama
4. Indonesia Lebih Jaya dari Malaysia
Saat Soeharto menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohammad tak pernah meremehkan Indonesia. Ia membenarkan bahwa infrastruktur di Malaysia lebih maju dibandingkan Indonesia. Akan tetapi, hal itu dikarenakan wilayah Malaysia lebih kecil.
” Kita tidak boleh membandingkan Indonesia dengan Malaysia. Indonesia adalah negara yang luas dengan banyak pulau, jumlah penduduk yang besar dengan suku-suku yang dimiliki. Sedangkan Malaysia adalah negara kecil sehingga lebih mudah kami mengurus sesuatu. Jadi kejayaan Pak Harto lebih besar dibandingkan kejayaan di Malaysia. ” kenang Mahatir dalam buku Pak Harto The Untold Stories terbitan Gramedia Pustaka Utama
5. Indonesia dan Malaysia Satu Bangsa
Menurut Mahatir Mohamad selaku mantan Perdana Menteri Malaysia, Indonesia adalah satu bangsa. Begitu juga Soeharto yang menganggap Indonesia dan Malaysia bersaudara.
” Pak Harto menganggap Malaysia sebagai bangsa yang serumpun, begitu pula saya menempatkan Indonesia sebagai bangsa serumpun. Hanya karena sejarah yang membuat Indonesia dan Malaysia terpisahkan, namun sesungguhnya kedua bangsa berasal dari satu bangsa. ” kenang Mahatir dalam buku Pak Harto The Untold Stories terbitan Gramedia Pustaka Utama

0 comments: