Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, November 11, 2011

Bersepeda Itu Sehat

Bersepeda dan Kesehatan
Bersepeda secara rutin tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil itulah anekdot dari bersepeda Bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar.

Bersepeda dan Manfaat untuk Hati dan Jantung
Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam erobic dan lebih mengasikan.
Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.

Bersepeda dan Berat badan
Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat dan sedikit minuman beralkohol (sekitar 300 kalori).
Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.

Bersepeda dan Mood (semangat)
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.

Bersepeda dan Polusi udara
Jika tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan lalulintas kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.

Helm Sepeda
Jangan melupakan benda satu ini, meski sampai sekarang masih banyak anggapan bahwa memakai helm saat bersepeda itu bukan suatu hal yang penting anggapan tersebut salah. dengan memakai helm dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan jika kita jatuh atau kecelakaan lainnya. Untuk mendapatkan Helm sesuai dengan keamanan dan kenyamanan bersepeda kita dapat mengunjungi toko sepeda terdekat disana kita bisa mendapatkan banyak pilihan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala kita. Dengan Helm bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman.

Demikian Sebagian Kecil Manfaat bersepeda untuk kesehatan.

Thursday, November 10, 2011

Djoko Susanto Raih Penghargaan Akuntan ASEAN (AFA)

Djoko Susanto di indonesiaproud wordpress com
Prof. Dr. Djoko Susanto, akuntan senior Indonesia, mendapatkan penghargaan atas dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme dalam mengembangkan profesi akuntan di wilayah Asia Tenggara selama 34 tahun pada acara konferensi pertemuan akuntan se-ASEAN ke-17 yang berlangsung pada 2-3 November 2011 di Kuala Lumpur, Malaysia.
Manager Public Relation and Membership Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Afandi Fatriah Mansyur  di Jakarta (2/11)  menjelaskan bahwa apresiasi dan penghargaan tersebut diserahkan dalam acara pembukaan konferensi pertemuan akuntan se-ASEAN atau ASEAN Federation of Accountant (AFA).
“Prof. Djoko Susanto, merupakan salah seorang pendiri AFA yang telah menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan akuntan ASEAN selama lebih dari 34 tahun,” ujarnya.
Afandi menambahkan bahwa Prof Djoko merupakan Sekretaris Jenderal AFA pada 1984-1986, dan Presiden AFA pada 1994-1996 serta sebelumnya menerima Lifetime Achievement Award dari IAI.
Saat ini beliau menjabat sebagai anggota Majelis Kehormatan IAI periode 2010-2014 setelah pada periode sebelumnya menjadi anggota Dewan Pengurus Nasional IAI periode 2006-2010. Beliau merupakan alumnus University of Arkansas dan Universitas Gadjah Mada, dan kini menjabat sebagai anggota Badan Pengurus Harian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YKPN Yogyakarta.
“Keaktifan beliau untuk memperkuat akuntan ASEAN serta mengangkat nama akuntan regional dalam forum internasional berbuah kehormatan menerima penghargaan dari AFA, yang menaungi lebih dari 140 ribu akuntan, yang bergabung dalam keanggotaan asosiasi akuntan anggota AFA,” ujar Afandi.
afa2011 di indonesiaproud wordpress com
Selain untuk membangun jaringan keorganisasian, forum AFA ini  juga menjadi media organisasi untuk melakukan transfer ilmu tentang perkembangan kekinian dunia profesi serta langkah-langkah untuk meningkatkan nama baik profesi dalam dunia bisnis global.
Sebelum acara pembukaan, telah diadakan AFA Council Meeting dan AFA Roundtable Meeting dengan para regulator dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan dihadiri pula oleh asosiasi profesi akuntan se-ASEAN.
Tujuan roundtable meeting adalah untuk mendiskusikan rencana Mutual Recognition Agreement (MRA) atau perjanjian pengakuan antar negara terkait dengan jasa akuntansi di tingkat regional untuk profesi Akuntan ASEAN sebagai persiapan menjelang liberalisasi jasa dan perdagangan ASEAN pada 2015.
Sumber: antaranews.com

Monday, November 07, 2011

Penduduk Dunia ke-7 Milyar lahir pada Hari Senin, 31 Oktober 2011

PBB memperkirakan warga ke tujuh miliar dunia akan lahir Senin 31 Oktober 2011. PBB menyebutkan bahwa bayi yang menjadi warga dunia yang ketujuh miliar akan lahir pada Senin, 31 Oktober 2011. Dalam laporan yang berjudul Kondisi Populasi Dunia 2011, jumlah penduduk dunia yang mencapai tujuh miliar itu dinyatakan bukan lagi sekedar krisis saja tapi juga sebagai momen untuk bertindak. Laporan tersebut -yang diumumkan beberapa hari menjelang lahirnya warga yang ketujuh miliar itu- menyerukan perubahan fokus dalam mengendalikan jumlah penduduk dunia.

"Jumlah penduduk dunia akan terus bertambah dan kita bisa mempersiapkan diri untuk itu," kata editor laporan tersebut, Richard Kollodge.
"Kita bisa menjamin sebanyak mungkin orang sehat dan sebanyak mungkin orang mendapat akses ke pendidikan."
image
Di balik pertumbuhan jumlah penduduk dunia, ada sejumlah kemajuan yang menurut PBB perlu disambut dengan gembira, seperti meningkatnya tingkat harapan hidup maupun menurunnya tingkat kelahiran. Tingkat harapan hidup rata-rata saat ini 68 tahun, meningkat dari 48 tahun pada masa 1950-an sementara tingkat kelahiran turun sampai setengal lebih, dari enam menjadi dua setengah. Perbaikan lain yang dicapai adalah adalah probalitas kematian anak pada saat lahir menurun karena perbaikan sarana kesehatan.
Bagaimanapun risiko ledakan penduduk tetap membayang-bayangi dunia masa depan, dengan jumlah penduduk mencapai 10 miliar pada tahun 2100. Dunia juga masih menghadapi tantangan berupa kekurangan air dan masih terdapatnya ketimpangan yang amat besar antara negara-negara dunia dalam akses terhadap pangan, air, dan perumahan, dan lapangan kerja.
Berdasarkan laporan kependudukan PBB terbaru ini, sebanyak 200 juta perempuan belum memiliki akses terhadap keluarga berencana dan menyerukan agar pendidikan reproduksi di kalangan perempuan muda ditingkatkan.
"Pendidikan seks bisa berdampak pada penundaan usia hubungan seksual dan meningkatkan penggunaan metode kontrasepsi maupun kondom," tutur Gabriela Rivera dari Badan Kependudukan PBB perwakilan Meksiko.
Tantangan lainnya adalah peningkatan tingkat harapan hidup telah menyebabkan peningkatan kaum manula, yang berarti diperlukan layanan atas kaum manula yang lebih baik.

Perkembangan Penduduk Dunia
1 miliar – 1804
2 miliar – 1927
3 miliar – 1959
4 miliar – 1974
5 miliar – 1987
6 miliar – 1999
7 miliar – 2011
Sumber: PBB

Friday, November 04, 2011

SOAL PRAMID AKUNTANSI BIAYA





CV  Tanamo, mengitung HP Produksi  dengan menggunakan sistem HP Pesanan
Berikut data dan Transaksi selama  Triwulan Kedua (Juli 2011):
1.    Pada awal bulan terdapat persediaan Barang Baku (Q1) senilai  Rp. 12.000.000, dan Persediaan barang dalam Proses (P1) sebanyak 40 unit senilai Rp. 8.000.000, dengan perincian BBB         Rp.5.000.000, BTKL, Rp. 2.000.000 dan BOP Rp. 1.000.000 
2.    Diterima Pesanan (P2) sebanyak 80 unit , dengan uang muka Rp. 10.000.000, selain itu juga diterima pesanan (P3) sebanyak 40 unit tanpa uang muka.
3.    Dibeli bahan baku (Q1)  senilai Rp. 16.000.000 dan bahan Penolong senilai Rp. 5.000.000, setelah bahan baku diterima diketahui terdapat ketidak cocokan bahan senilai Rp.1.000.000, oleh karena itu bahan dikembalikan kepada penjual (Transaksi dilakukan secara tunai)
4.   Setelah di cek ke gudang diketahui pada akhir periode bahan baku yang masih ada sebanyak Rp. 2.000.000, sedangkan bahan penolong habis seluruhnya terpakai
5.    Biaya Tenaga kerja yang telah terjadi dan dibayarkan adalah sbb : BTKL Rp. 10.000.000, BTKTL Rp. 3.000.000, gaji bagian kantor Rp. 3.000.000, gaji bagian pemasaran Rp. 1.000.000
6.    BOP dibebankan atas dasar Jam Kerja langsung, dengan tarif Rp. Rp. 10.000/ Jam, jumlah Jam kerja diketahui selama 800 Jam
7.    Biaya Penyusutan Bangunan dan Mesin Rp. 1.000.000, dialokasikan 800.000, untuk Pabrik, Rp. 200.000 untuk kantor
8.    Biaya Kebersihan telah dibayar sebanyak Rp. 300.000 dialokasikan 200.000, untuk Pabrik, Rp. 100.000 untuk kantor
9.    Biaya Listrik air dan Telpon  Rp. 500.000, dialokasikan 200.000, untuk Pabrik, Rp. 300.000 untuk kantor
10. Dari biaya yang telah dikeluarkan baik (BBB, BTKL, maupun BOP) dialokasikan 20% untuk Q1, 50 % untuk Q2 dan 30% untuk Q3
11.  Pada akhir periode diketahui terdapat sisa- sisa  bahan atas pengerjaan pesanan P1 yang laku dijual senilai Rp. 1.000.000 
12. Karena kurangnya pengawasan diketahui terdapat 10 produk P2 yang cacat, oleh karena itu perusahaan terpaksa mengeluarkan biaya ekstra  perbaikan senilai Rp. 1.000.000 (BTKL) dan 400. 000 untuk BOP
13.  Pada Pesanan P3 terdapat produk rusak sebanyak 20%, kondisi ini normal terjadi , produk yang rusak tersebut bisa dijual seluruhnya dengan harga Rp. 1.000.000
14. Seluruh Produk telah selesai seluruhnya dan diserahkan kepada pemesan, dengan Harga Jual 130% diatas HP (penjualan dilakukan secara tunai)



Berdasarkan informasi dan data di atas diminta :
1.    Jurnallah seluruh data dan Transaksi yanga da
2.    Cari HP/ unit masing-masing pesanan
3.    Buat laporan laba Rugi
                                                         

Thursday, November 03, 2011

Angkot Gaul Padang yang Modis

Sebut saja kota Bogor yang sering dijuluki kota seribu angkot. Di Padang mungkin bisa ditambahin, Kota seribu angkot modis. Begitulah kira-kira saya menamakannya hehehe. Bukan HOAX atau nge-junk aja nih, tapi fenomena ini bisa anda buktikan sendiri atau teman-teman lihat sendiri. Hal ini sungguh jarang saya lihat baik di Jakarta maupun

Bandung beserta kota-kota besar lainnya di Indonesia. Semuanya hanya mengharapkan ongkos dari penumpang tanpa memberi fasilitas apa-apa selain mengantarkan penumpang. Tak tanggung-tanggung, angkutan umum di Padang bisa mengalahkan aksesoris mobil-mobil pribadi, bisa dibayangkan angkot-angkot di Padang seperti mobil balap, gaul, modis. mulai dari tempelan-tempelan di badan mobil, kaca film, bodi rendah (ceper), sound system yahud, DVD, LCD, tempat duduk yang empuk dan nyaman. Orang yang baru datang ke Padang pasti terheran-heran melihat modisnya angkutan umum di kota Padang.
Sudah banyak TV swasta nasional yang meliput fenomena ini, di luar mereka dipuji, dikagumi dan mencengangkan semua orang.

Angkutan kota (angkot) merupakan alat transportasi publik yang utama digunakan di kota Padang selain bus kota. Akses yang mudah dan harga yang terjangkau membuat masyarakat kota Padang lebih memilih menggunakan jasa angkot daripada taksi ataupun ojek. Dengan kisaran harga minimal Rp.1000 hingga maksimal Rp.2500, masyarakat kota Padang dapat bepergian dengan angkot tanpa khawatir harus menunggu lama di tempat perhentian atau halte. Hal ini disebabkan karena kota Padang memiliki “halte terpanjang di dunia” alias bisa menyetop angkot di mana saja.
Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kota Padang, terdapat 2772 unit angkot di kota Padang dengan jurusan atau trayek yang berbeda-beda. Masing-masing trayek memiliki jumlah angkot yang tidak sedikit tentunya. Karena alasan banyaknya angkot untuk satu trayek yang sama, maka terjadi persaingan antar sesama supir angkot pada rute tersebut. Maka, supir angkot harus memutar otak untuk dapat menarik para penumpang. Pada dasarnya, pelayanan utama yang diberikan angkot adalah menyediakan jasa untuk mengantarkan penumpang sampai tujuan. Namun, jika penyediaan jasa angkot hanya sebatas memberikan layanan pengantaran, kecil kemungkinan bagi supir angkot untuk dapat menghadapi tantangan persaingan di antara angkot-angkot lain. Ketika mereka (supir angkot) tidak mampu bersaing, hasil yang diperoleh pun dikhawatirkan tidak dapat memenuhi kebutuhan baik target setoran ataupun biaya operasional (perawatan dan BBM).
pengahsilan supir angkot harus bisa menutup biaya setoran
Menanggapi permasalahan persaingan di atas, para supir mencermati kebutuhan dan permintaan pelanggan atas pelayanan angkot. Dengan mencermati golongan manakah yang paling dominan menggunakan angkot, para supir mencari celah untuk dapat meningkatkan pelayanan mereka yakni dengan memberikan pelayanan tambahan sesuai target pelanggan sehingga menjadi daya tarik angkot mereka.
Kehidupan kini semakin maju, begitupun dengan selera masyarakat yang semakin tinggi. Mayoritas penumpang angkot di kota Padang adalah remaja atau anak muda. Pada dasarnya, anak muda menginginkan hal-hal yang berbau aesthetic and amusement (keindahan dan kesenangan), tak terkecuali dalam hal memilih angkot. Inilah faktor lain yang menjadi pertimbangan mereka dalam memilih angkot.
Salah satu cara yang dilakukan oleh para supir angkot di kota Padang untuk meraih penumpang adalah dengan bersaing mendandani angkot mereka sedemikian rupa . Para supir berlomba untuk mendesain eksterior dan interior mobil mereka yang diberi berbagai macam aksesoris dan modifikasi body mobil. Jika biasanya bagian luar angkot dicat dengan warna polos, di kota Padang banyak ditemui angkot dengan beragam air brush. Tidak cukup dengan gambar air brush saja, para supir juga menambahkan berbagai stiker pada bagian body luar mobil.
Jika kota Bogor dikenal sebagai kota seribu angkot, maka kota Padang dikenal sebagai kota seribu angkot modis. Di samping pemberian gambar dan stiker tadi, para supir tidak segan-segan memodifikasi performa body mobil mereka. Hal ini dapat dilihat melalui modifikasi velg, wing, dan suspensi mobil. Beragam bentuk dan ukuran velg dapat kita temukan di angkot kota Padang. Perbedaan velg ini mengakibatkan adanya perbedaan ketinggian angkot sehingga tak jarang kita temukan angkot-angkot berukuran “ceper” seperti tampilan mobil sedan. Pada sisi samping dan bagian belakang mobil akan ditemukan berbagai macam bentuk sayap mobil sehingga penampilan angkotnya seperti mobil balap. Agar para penumpang tetap nyaman menikmati perjalanan, para supir mengatur ukuran suspensi angkot mereka. Hal ini dilakukan agar mobil tidak mengalami goncangan yang kuat ketika melewati permukaan jalan yang kasar.

bagian dalam dilengkapi speaker, VCD, dan alat elektronik lainnya
bagian dalam dilengkapi speaker, VCD, dan alat elektronik lainnya
Perombakan bagian eksterior saja belumlah cukup untuk meningkat daya tarik mobil mereka. Pada bagian interior mobil, mereka memodifikasi bahan dasar bantalan tempat duduk. Bentuk motif dan warna bantalan tempat duduk disesuaikan dengan warna interior angkot. Di samping itu, untuk mengisi kekosongan pada ruang tertentu mereka menambahkan berbagai bentuk miniatur, seperti miniatur hutan dengan menggantungkan daun-daun, boneka binatang, dan pohon-pohon buatan lainnya.
Untuk memberikan pelayanan lebih kepada penumpang, para supir angkot melengkapi kendaraan mereka dengan berbagai alat elektronik yang rata-rata merupakan barang second. Tak hanya tape ataupun VCD, bahkan banyak yang menyediakan televisi layar sentuh (touch screen), camera TV, MP3 player, MP4 player ditambah speaker unik ribuan watt yang mereka rakit sendiri. Seisi angkot pun menjadi ruangan full music dengan penampilan luar dalam yang menarik. Sehingga tidak salah jika di sebuah surat kabar lokal disebutkan bahwa angkot-angkot di kota Padang “karnaval setiap hari”.
modifikasi-interior2
Selain itu, kreatifitas lainnya dapat dilihat dari bunyi klakson mobil yang bervariasi dan sangat unik. Semua usaha kreatif ini dilakukan semata-mata untuk menarik perhatian penumpang sehingga pada akhirnya meningkatkan pendapatan si supir angkot.
Persaingan dalam bidang jasa angkot di kota Padang sangat tinggi. Sehingga untuk tetap bertahan, para supir angkot haruslah memiliki kecakapan dalam melihat minat pasar, yakni penumpang. Hal ini terbukti bahwa angkot-angkot yang memberikan pelayanan lebih ini mampu menarik lebih banyak minat penumpang daripada angkot yang biasa-biasa saja. Data yang diperoleh dari para supir angkot bahwa rata-rata penghasilan per hari supir yang membawa angkot biasa kira-kira 300-400 ribu. Sedangkan supir angkot yang memodifikasi armadanya berkisar antara 400-600 ribu. Dari kenyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa para supir angkot mendandani mobil-mobil mereka membuahkan hasil yang positif, yaitu kenaikan pendapatan per hari.

modifikasi berhasil menambah penghasilan supir angkot
modifikasi berhasil menambah penghasilan supir angkot
Lewat aksesoris-aksesoris angkot mereka, para supir dapat mengekspresikan diri mereka secara total lewat cara yang unik dan menarik yang sekaligus menarik perhatian penumpang. Fenomena ini dapat berpotensi menjadi salah satu aset daerah yang dapat menarik para wisatawan baik domestik maupun asing. Tapi hal ini berbanding terbalik dari pemerintahan kota sendiri terutama oleh Dinas Perhubungan, karena modifikasi angkot ini menimbulkan bahaya terhadap keamanan penumpang saat di jalan jara raya dan tidak sesuai dengan standar uji kelayakan mobil angkot.
PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketangkot gaul